Tuesday, March 27, 2012

kebebasan memilih


bebas!

Kisah saya yang keluar dari pekerjaan hampir sekitar 1 tahun lalu memang dimulai dari cita-cita untuk punya usaha sendiri. Tapi alasan besar dibelakangannya lebih sederhana, karena saya merasa pekerjaan saya saat itu ‘tidak lagi seru”  -well, buat apa buang-buang waktu untuk sesuatu yang tidak lagi bikin hati senang–

Lalu, sukseskah saya??  Kalau sukses secara ideal, belum. Malahan berkali-kali gagal. Selama 2 tahun kebelakang sampai sekarang saya sempat mengalami 2 kegagalan besar dan puluhan kegagalan kecil. Tapi dengan bangga akan saya katakan  SAYA SENANG..kenapa..? karena setiap langkah yang dilakukan benar-benar ‘beRASA’, mulai dari merasakan beberapa sukses kecil, hambatan, cobaan, atau gagal sekalipun. 

Coba saja pikir siapa orang yang tidak akan berteriak senang saat berhasil melewati ujian, atau siapa orangnya yang tetap membusungkan dada walaupun gagal (katanya kegagalan itu tanda keberhasilan mereka yang sudah berani mencoba).  Tapi buat saya yang paling menyenangkan dari itu semua adalah kesempatan untuk dapat banyak pelajaran, diantaranya adalah belajar menghadapi kegagalan dan belajar meraih keberhasilan.

Berusaha membangun mimpi memang beda dari sekedar mengejar hidup mapan -dalam arti “umum”- Buat saya hidup mapan itu HARUS, cara menuju kesanapun banyak sekali. Tapi saya tidak cuma mau hidup mapan, saya  juga mau “punya hidup seperti yang saya inginkan”  –untuk hidup mapan dibutuhkan kegigihan atau paling tidak  keberuntungan. Tapi untuk benar-benar punya kehidupan dibutuhkan keberanian, nyatanya tidak semua orang yang mapan  berani memilih jalan hidup seperti  yang diimpikannya–Lalu apa yang saya punya saat ini ?

Hal yang paling nyata saya miliki saat ini adalah “kebebasan”. Kebebasan membuat dan melakukan apapun yang saya suka. Buat saya setiap orang punya cita-cita dan caranya masing-masing, karena itu toh kita punya profesi beda-beda (ada yang jadi bankir, desainer, pengusaha, seniman, montir, dancer, atlit, wartawan, dll) tapi kalau tidak punya perasaan bebas  siapapun  saya rasa tidak akan benar-benar bahagia. 

Lagi pula hidup cuma sebentar, jadi kenapa harus berhenti bersenang-senang ?? Dengan itu tanpa disadari saya jadi manusia yang jauh lebih produktif dari sebelumnya…dan inilah hidup yang saya mau, karena bikin saya senang. Bisa belajar dengan bermain, bisa bermain dengan berkarya, mengisi hidup dengan menghasilkan karya “terus berkarya..berkarya pakai hati”…itu saja ..!!!

No comments:

Post a Comment