Friday, April 20, 2012

kesetimbangan

kesetimbangan


Passion: something that excites your energy and your spirit. 
~Sir Ken Robinson

Kesetimbangan adalah keadaan setimbang. Berada dalam titik keseimbangan.

Dalam pekerjaan -apapun itu pekerjaannya- sangat diperlukan titik kesetimbangan. Sebuah pekerjaan yang membuat pikiran tenang. Apa yang kita lakukan juga memenuhi batin. Semangat yang menyala pada setiap harinya. Mantap dan tidak goyah dalam kesetimbangan bukan berarti tidak beriak. Riak-riak dalam keseharian bekerja membuat kita tersadar : apa yang kita kerjakan, di mana kita berdiri, untuk apa kita berkarya. Riak membuat kita berefleksi.

Kesetimbangan adalah bekerja dan belajar. Belajar dan bekerja. Keduanya tidak selalu harus di tempat yang nyaman, tetapi harus kondusif dalam lingkungan yang sehat. Terkadang tempat yang terlalu nyaman malah membuat kita tidak belajar. Tidak mumpuni berkarya. Terlalu tenang bukanlah kesetimbangan.

Kesetimbangan adalah titik energi yang berada di pusat. Ia tidak kurang, tidak pula lebih. Ketika energi yang dikeluarkan tidak tergantikan penuh sehingga menjadi celah yang semakin menganga, kita semakin menjauh dari kesetimbangan. Semangat meredup seiring waktu berjalan. Tempat yang  sehat akan menggantikan energi yang kita keluarkan, membuat kita belajar dari 'ketidaknyamanan'.

Kesetimbangan adalah sebuah titik bergerak. Berkembang sejalan dengan gairah yang bertumbuh. Berjalan seiring dengan kedewasaan.

Terkadang aku merasa tidak berada di titik kesetimbangan ketika aku tidak memiliki energi untuk bisa mengeluarkan pikiranku dalam tulisan. Atau, ketika energi untuk melakukan hal-hal menyenangkan habis terkuras, seperti tangki yang (tanpa kita sadari) bocor. Dan pada itu kita dapat bertanya, apakah kita belum menemukan gairah yang sesungguhnya, ataukah energi dan semangat yang seharusnya membakar tidak berada dalam tungku yang tepat?

Untukmu : apakah energi, semangat, dan gairahmu sudah benar-benar dalam kesetimbangan?

No comments:

Post a Comment