Tuesday, April 3, 2012

THE HUNGER GAMES : hungry young souls against autocracy



Quotes:
Haymitch Abernathy: This is the time to show them everything. Make sure they remember you.

Nice-to-know:
Pada tanggal 22 Februari, empat minggu sebelum rilis, Lionsgate mulai menjualtiket di muka. Tidak hanya berhasil memecahkan rekor per hari yang dicetak olehThe Twilight Saga: Eclipse sebelumnya tetapi mengumpulkan 83% dari total penjualanhari tersebut.

Cast:
Jennifer Lawrence sebagai Katniss Everdeen
Stanley Tucci sebagai Caesar Flickerman
Josh Hutcherson sebagai Peeta Mellark
Wes Bentley sebagai Seneca Crane
Willow Shields sebagai Primrose Everdeen
Liam Hemsworth sebagai Gale Hawthorne
Elizabeth Banks sebagai Effie Trinket


Director:
Merupakan film ketiga bagi Gary Ross yang pertama kali diawali oleh Pleasantville (1998).


W for Words:
Selepas 7 seri Harry Potter berakhir, wajar jika banyak pecinta film di seluruh dunia menantikan kehadiran franchise baru yang sedianya dapat selalu ditunggu kelanjutannya. Harapan itu ada pada novel trilogy milik Suzzane Collins yang terdiri dari The Hunger Games, Catching Fire dan Mockingjay. Trailer seri pertama yang sudah wara-wiri sejak akhir tahun lalu ini nyatanya sukses memancing perhatian publik dimana skripnya digarap sendiri oleh Collins bersama sutradara Gary Ross yang juga dibantu oleh Billy Ray ini.

Capitol memilih sepasang remaja laki-laki dan perempuan dari 12 distrik untuk berkompetisi dalam ajang The Hunger Games ke-74. Mengajukan diri sebagai pengganti adiknya Primrose yang terpilih, Katniss Everdeen harus meninggalkan sahabatnya Gale untuk bergabung dengan Peeta Mellark. Mentor mereka adalah Cinna dan Haymitch yang mengajarkan trik khusus agar mendapat simpati dari penonton sehingga mau memberikan sponsor yang mungkin saja mempengaruhi hasil akhir permainan yang tinggal menyisakan satu orang saja tersebut.

 
Premisnya mungkin akan lumayan brutal dalam bayangan anda. Namun sutradara Rossdengan cerdas memanipulasi berbagai aksi di antara para kontenstan untuk menyelamatkan rating Remaja yang disematkan pada film ini. Adegan kekerasan memang terlihat di beberapa bagian tapi tidak eksplisit menampilkan darah. Sebaliknya sisi kemanusiaan turut ditekankan, dimana remaja-remaja ini seakan menjadi tumbal para Pemerintah sehingga mengundang simpati siapapun yang melihatnya.

Jennifer Lawrence pernah dinominasikan Oscar kategori Aktris Terbaik bukan tanpa alasan. Ia mewakili kekuatan, ketakutan, kemauan hingga kelembutan hati Katniss dengan penjiwaan yang baik. Josh Hutcherson dan Liam Hemsworth juga menjadi padanan yang seimbang bagi Lawrence meskipun nama tersebut belakangan tidak terlalu dominan disini. Siapa yang tahu jika cinta segitiga ini akan bersemi pada sekuelnya di kemudian hari. Another Twilight wannabe perhaps?

 
Aktor-aktris pendukung yang sudah punya nama juga menuntaskan tugasnya dengan maksimal, sebut saja Stanley Tucci yang menggelikan sebagai presenter televisi Caesar layaknya The Truman Show, Donald Sutherland yang mengerikan sebagai Presiden Snow, Woody Harrelson yang eksentrik sebagai mentor pemabuk Haymitch. Jangan lupakan juga si menyebalkan Wes Bentley sebagai Seneca dan Elizabeth Banks yang tampil bak Lady Gaga sebagai Effie dengan make-up dan rambut warna-warninya.

Bagi yang sudah membaca bukunya niscaya akan menyukai perubahan minor dari Ross yang berhasil mempertajam narasi, apalagi suguhan musik T-Bone Burnett dan James Newton Howard yang semakin mengangkat semangat permainan itu sendiri. Sejujurnya saya belum menemukan sesuatu yang terlalu istimewa dari seri pertamanya ini walau mengakui adanya potensi besar di dalamnya untuk pengembangan yang lebih dalam di masa mendatang. Konsep “perburuan” yang terlalu berlarut-larut dengan “aturan” membunuh yang tidak biasa memang tak jarang membuat penonton menguap ataupun mengernyitkan dahi. Beruntung jajaran cast dan eksekusi ciamik Ross masih menjadikan The Hunger Games tontonan yang berkelas dan memiliki pesan moral di dalamnya. Yes, it’s us versus the government, hungry for justiceagainst hungry for autocracy!

Durasi:
142 menit

U.S. Box Office:.
$50,451,681 till Feb 2012

Overall:
7.5 out of 10

No comments:

Post a Comment